Rabu, 05 Desember 2012

TUGAS BAHASA INDONESIA


OLEH :

1. MUHAMMAD JUMHURI           NPM   1A112127
2. ERMAS SETIAWAN                    NPM   12110410
3. ARIES SURYA                             NPM   58410288

JAWAB
ARTIKEL ke 1
Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.
RAGAM BAHASA YANG DIGUNAKAN
Ragam Bahasa dalam artikel tersebut diatas adalah ragam bahasa formal atau resmi
DIKSI DAN DEFINITIF
User interface
Penerjemahan  : Pengguna
Penerapan         : Pengguna
Dashboard
Penerjemahan  : Papan Visualisasi
Penerapan         : Panel Pada Komputer
File
Penerjemahan  : Berkas
Penerapan         : Dokumen
Switch
Penerjemahan  : Beralih
Penerapan         : Beralih.



PERBAIKAN KALIMAT
Dikarenakan artikel tersebut menurut kami kurang efektif maka kami perbaiki menjadi :
Ketika kita pertama membuka komputer maka dilayar monitor akan muncul antar muka pengguna yaitu sebuah tampilan yang dapat dikontrol oleh penggunanya yang sering disebut desktop. Fungi desktop yaitu untuk menampilkan sebuah cuplikan isi dari sistem operasi komputer layaknya dasboard yang terdapat pada mobil. Dari antar muka tersebut anda dapat melakukan pemilihan program aplikasi secara cepat dan mudah.
Topik
Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna  yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.
Opini
User Interface merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehinggakomputer tersebut bisa digunakan.
ARTIKEL ke 2
Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.
RAGAM BAHASA YANG DIGUNAKAN
Ragam Bahasa yang digunakan dalam artikel tersebut yaitu ragam bahasa teknis
DIKSI DAN DEFINITIF
Scanner
Penerjemahan  : Pemindai
Penerapan         : Pemindai gambar ke digital
Optic
Penerjemahan : Optik
Penerapan         : Optik
Elektonic
Penerjemahan : Elektronik
Penerapan         : Sebuah alat menggunakan energi listrik
Imaging
Penerjemahan : Penggambaran
Penerapan         : Penggambaran
Transmisi
Penerjemahan : Pergerakkan
Penerapan         : Pengiriman data
PERBAIKAN KALIMAT
Dalam artikel ini menurut kami untuk ragam bahasanya sudah baik tetapi ada sedikit pemborosan kata sehingga artikel ini kurang efisien, berikut kami sampaikan perbaikannya :
Scanner adalah alat sensor cahaya untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian diproses oleh komputer, ditampilkan di monitor,serta disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke komputer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industri baru yakni electronic imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan komputer grafis yang canggih.
Topik
Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.
Opini
Scanner merupakan salah satu perangkat input computer yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya mesin fotokopi ke dalam bentuk digital. Scanner menduplikat objek tersebut menggunakan sebuah sensor cahaya yang terdapat di dalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar